Cek di Sini! Cara Menghitung THR Sesuai dengan Masa Kerja

Cek di Sini! Cara Menghitung THR Sesuai dengan Masa Kerja

Apakah Anda ingin menghitung THR karyawan? Kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung THR yang perlu diketahui. Hal ini penting supaya Anda bisa menghitung THR karyawan dengan cara yang tepat.

Mengenal THR
Bagi karyawan perusahaan, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah THR. THR adalah Tunjangan Hari Raya yang didapatkan pada saat perayaan hari raya tertentu. Perusahaan harus membayarkan THR sebagai hak pekerja pada saat perayaan hari keagamaan.

THR dapat diberikan dalam bentuk uang, sehingga penting untuk mengetahui perhitungan THR 2023. Hal ini penting, supaya Anda tidak melakukan kesalahan saat menghitung THR untuk karyawan Anda.

Biasanya THR dapat diberikan pada saat hari raya Nyepi bagi karyawan yang beragama Hindu. Bagi umat muslim, THR akan diberikan pada hari raya Idul Fitri. Pada saat perayaan Natal, maka umat Kristen dan Katolik yang mendapatkan THR. Karyawan yang beragama Budha akan mendapatkan THR pada saat perayaan hari suci Waisak. Hal ini dapat disesuaikan dengan keputusan perusahaan terhadap pemberian THR kepada karyawan. Sehingga karyawan bisa mendapatkan hak yang sesuai dengan masa kerjanya.

Cara Menghitung THR yang Benar
Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung THR agar sesuai dengan kinerja karyawan. Anda perlu memperhatikan masa kerja karyawan sebelum menentukan THR yang akan diberikan. Sehingga THR yang diberikan biasanya disesuaikan dengan kinerja dan masa kerjanya.
Beberapa cara yang perlu diperhatikan saat menentukan THR untuk karyawan, sebagai berikut:

1.Karyawan yang Masa Kerjanya Belum Setahun
Jika Anda ingin memberikan THR kepada karyawan yang belum setahun bekerja, maka akan diberikan THR sesuai dengan perhitungan proporsional. Dalam artian, perhitungan THR dilakukan dengan rumus masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan gaji.
Misalnya karyawan mendapatkan gaji sebesar 5 juta dan sudah bekerja selama 6 bulan. Maka, THR yang diberikan adalah 2,5 juta. Anda perlu memperhatikan rumus perhitungan THR karyawan tetap supaya tidak salah menghitungnya.

2.Karyawan yang Masa Kerjanya Lebih dari Setahun
Selanjutnya, kita akan membahas rumus perhitungan THR untuk karyawan tetap yang sudah lebih dari setahun. Cara menghitungnya yaitu 1 x (gaji pokok sebulan + tunjangan tetap). Misalnya gaji pokonya sebesar 5 juta dan tunjangan sebesar 650 ribu, perhitungannya sebagai berikut:
Apabila karyawan tersebut sudah bekerja selama 10 tahun, maka THR yang diperoleh sebesar Rp5.650.000. Anda perlu memahami bahwa THR dapat dihitung berdasarkan masa kerjanya. Sehingga Anda perlu memperhatikan masa kerja karyawan tersebut dengan baik.

3.Karyawan Harian
Jika Anda ingin menghitung THR untuk karyawan harian, maka rumus yang digunakan tidak jauh berbeda. Anda bisa menghitung rata-rata upah yang diperoleh karyawan tersebut selama 1 bulan untuk menentukan THR yang akan diberikan.

4.Karyawan Kontrak
THR berapa kali gaji? Anda bisa mengetahuinya berdasarkan masa kerja karyawan tersebut. Misalnya untuk karyawan kontrak, maka Anda bisa menentukan jumlah THR berdasarkan masa kerjanya.
Misalnya masa kerjanya kurang dari 1 tahun, maka perhitungannya dapat dilakukan dengan rumus gaji 1 bulan dibagi 12 dikali dengan masa kerja. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah untuk menentukan THR untuk karyawan kontrak.

Demikianlah cara menghitung THR yang perlu Anda ketahui. Supaya bisa menghitung THR dengan mudah, maka Anda bisa mengunjungi https://www.hrd.id/. Pastikan perhitungan THR Anda benar.

 

Butuh bantuan lebih? Silahkan hubungi kami melalui..