7 Tips Mengatasi Keterlambatan Karyawan

7 Tips Mengatasi Keterlambatan Karyawan

HRD.id - Karyawan yang sering terlambat tentu saja akan mengganggu produktivitas dan kinerja sebuah tim dalam organisasi atau perusahaan. Perusahaan atau organisasi tentu saja sudah memberitahu karyawan bahwa terlambat adalah hal yang dilarang, tapi bagaimana kalau setelah itu tetap saja ada karyawan yang sering terlambat? Berikut 7 tips mengatasi keterlambatan karyawan.

1. Berikan Teguran
Menegur karyawan yang sering terlambat adalah langkah awal yang wajib dilakukan. Terlambat sesekali dengan alasan yang jelas adalah wajar, tapi jika seorang karyawan terlambat berkali-kali tentu saja itu sudah tidak wajar dan perlu ditegur. Semakin dini Anda memulai komunikasi dengan karyawan yang sering terlambat, semakin awal anda bisa memberitahu karyawan tersebut bahwa perilaku seperti itu tidak bisa dibenarkan di perusahaan atau organisasi Anda.

2. Adakan Pertemuan Khusus
Jika berkomunikasi secara empat mata tidak efektif, adakan pertemuan khusus untuk karyawan yang sering terlambat tersebut. Hadirkan para petinggi perusahaan atau organisasi, sehingga karyawan tersebut sadar bahwa kebiasaannya terlambat itu bukanlah hal yang sepele dan dianggap serius oleh pihak petinggi perusahaan atau organisasi. Dengan begini, karyawan tersebut akan berpikir dua kali sebelum datang terlambat ke kantor.

3. Mengurangi atau Menghilangkan Bonus
Banyak perusahaan atau organisasi yang mengapresiasi ketepatan waktu dan kinerja para karyawan dengan bonus. Tentu saja bonus tersebut akan memotivasi para karyawan untuk selalu bekerja dengan baik dan tidak terlambat. Mengurangi atau menghilangkan bonus bagi karyawan yang sering terlambat bisa memberikan efek jera sehingga karyawan tersebut akan berpikir lebih panjang sebelum datang terlambat ke tempat kerja.

4. Lakukan Upgrading Secara Berkala
Memotivasi karyawan adalah salah satu cara yang bisa mengurangi keterlambatan. Melakukan upgrading di area kerja akan membuat karyawan bersemangat untuk berangkat ke kantor yang nyaman. Melakukan upgrade di area teknis terutama pada alat absensi juga penting supaya karyawan tidak mengalami kendala apapun ketika masuk kerja. Jika menggunakan https://hrd.id/, alat absensi perusahaan Anda dijamin akan selalu berfungsi normal.

5. Kenakan Denda
Tips mengatasi keterlambatan karyawan lain yang terbukti sangat efektif adalah pemberlakuan sistem denda bagi karyawan yang terlambat. Jumlah denda yang harus dibayar bisa disesuaikan dengan waktu keterlambatan karyawan tersebut. Semakin tinggi jumlah denda yang dibayar per waktu keterlambatan, karyawan akan semakin ragu untuk terlambat datang ke kantor.

6. Tambahkan Waktu Kerja
Jika karyawan terlambat, berarti dia sudah melewatkan waktu bekerja dibanding karyawan-karyawan lain yang datang tepat waktu. Oleh karena itu, untuk mengompensasi waktu keterlambatannya, karyawan tersebut wajib menambahkan waktu kerjanya dengan pulang kantor lebih lama dari karyawan-karyawan lain, tergantung berapa lama waktu keterlambatannya.

7. Pemotongan Gaji
Jika semua langkah di atas masih belum memberikan efek terhadap karyawan yang sering terlambat, Anda bisa mengaplikasikan sanksi yang lebih serius yaitu lakukan pemotongan gaji bulanan. Hitung total waktu keterlambatannya setiap hari, lalu sesuaikan waktu tersebut untuk menentukan berapa nominal gaji yang akan dipotong. Dengan begini, karyawan tersebut tidak akan terlambat lagi.

Nah, itu dia 7 tips mengatasi keterlambatan karyawan supaya kinerja perusahaan atau organisasi Anda selalu maksimal. Alat absensi sidik jari adalah hal yang penting untuk mendeteksi keterlambatan karyawan, jangan lupa kunjungi https://hrd.id/ untuk mendapatkan alat absensi yang akurat dan berkualitas bagus untuk perusahaan atau organisasi anda.

Butuh bantuan lebih? Silahkan hubungi kami melalui..