Kenali Software HR, Pengertian, Manfaat dan Pentingnya

Kenali Software HR, Pengertian, Manfaat dan Pentingnya

HRD.id - Mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan tidak hanya berkutat pada motivasi dan disiplin. Anda juga harus memberikan hak yang mereka terima. Oleh karena itu HRD membutuhkan sebuah sistem yang bisa membantu pekerjaannya dalam mengelola SDM.  Berikut ini artikel Software HR, Pengertian, Manfaat dan Pentingnya untuk perusahaan.

Pengertian Software HR
Software HR adalah sebuah sistem yang sanggup mengolah dan menyimpan data karyawan dalam jumlah yang banyak. Data-data seperti absensi, gaji, pajak, dan data lain yang mempengaruhi performa karyawan tersebut.

Data tersebut terintegrasi dalam database Software HR dan memberikan sebuah informasi untuk keputusan bisnis perusahaan. Software HR tidak akan menggantikan peran tim HR karena dalam pengelolaan SDM masih membutuhkan manusia. Jadi peran tim HRD dalam sebuah perusahaan masih sangat vital dan tidak tergantikan.

Selain untuk mengelola data karyawan, Software HR memiliki manfaat sebagai berikut:

a. Menghemat waktu
Melalui software HR, pekerjaan akan bisa terselesaikan secara otomatis. Dengan begitu, waktu yang dibutuhkan tenaga HR akan lebih sedikit.
Waktu yang terpakai menjadi efektif sehingga pekerjaan yang berkaitan dengan personalia karyawan bisa diselesaikan dengan cepat dan akurat.

b. Mempermudah pekerjaan
Sofware HR juga bisa berguna sebagai sebuah sistem penilaian kinerja. Manager HRD bisa mengetahui kinerja karyawan melalui key performance indicator sebagai target yang harus dicapai oleh karyawan. Sistem ini juga memudahkan HRD untuk mengetahui karyawan mana yang berkembang dan karyawan yang perkembangannya lambat. Sehingga manager bisa mengontrol kinerja karyawan melalui software HR.

c. Membantu dalam proses pengambilan keputusan
Karena software HR menyediakan informasi karyawan yang detail dan cepat, maka proses pengambilan keputusan bisa berjalan secara kapanpun dan segera. Hal ini bisa terjadi karena software HR bersifat otomatis dan terpusat.

d. Mengurangi risiko human error
Bekerja dengan media spreadsheet atau kertas memiliki risiko human error yang tinggi. penyebabnya tak lain karena pencatatan yang masih menggunakan cara manual. Human error bisa diminimalisir dengan menggunakan software HR. Sistem akan membantu HRD dalam mengelola data dengan baik dan rapi. HRD hanya perlu memasukkan sejumlah data-data penting lalu sistem akan memprosesnya secara otomatis.

e. Kepuasan karyawan meningkat
Karyawan akan meningkat performanya saat mereka merasa puas bekerja di perusahaan. Terutama komunikasi antara tim HRD dengan karyawan bisa berjalan dengan mudah dan transparan. Selain itu, software HR membantu anda mengurangi risiko human error dalam penghitungan gaji dan pajak. Sehingga kepercayaan karyawan terhadap perusahaan akan meningkatkan motivasi dalam bekerja.

Pentingnya memiliki software HR dalam perusahaan
Pembahasan selanjutnya dari Software HR, Pengertian, Manfaat dan Pentingnya adalah urgensi software HR di perusahaan.

Sebuah perusahaan menyadari bahwa kehadiran HRD sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Karena meskipun karyawan telah digaji, ada satu-dua kemungkinan akan menurun performanya dan tidak sesuai dengan standar perusahaan. Oleh karena itu dalam mengelola SDM perusahaan, persoalan yang terjadi tidak hanya soal menggaji karyawan melainkan bagaimana mempertahankan performa karyawan tersebut. Jadi, kehadiran sebuah software HR yang canggih akan menunjang pekerjaan HRD.

Sekarang ini ada berbagai software HR yang bisa anda gunakan sesuai dengan skala perusahaan. Misalnya Core HR yang memiliki fitur pelacakan data absensi karyawan, pemrosesan gaji, dan sebagainya.

Anda bisa mengunjungi website https://hrd.id untuk mendapatkan software HR terbaik untuk perusahaan. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi anda bingung untuk mencari software mana yang tepat untuk perusahaan anda.

Usai sudah pembahasan Software HR, Pengertian, Manfaat dan Pentingnya. Semoga membantu!

 

Butuh bantuan lebih? Silahkan hubungi kami melalui..