Ketahui Pengertian Manajemen SDM Menurut Ahli

Ketahui Pengertian Manajemen SDM Menurut Ahli

HRD.id - Suatu kegiatan baik itu perusahaan, lembaga, organisasi, komunitas dan lainnya tidak akan berjalan tanpa adanya sumber daya manusia yang menguasai bidangnya masing-masing. Namun, Sumber Daya Manusia ini memerlukan manajemen agar kegiatan yang dijalankan nantinya dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal. Lantas, apa sebenarnya pengertian manajemen SDM? Yuk, simak ulasan berikut:

Sumber Daya Manusia (SDM)
Manajemen sumber daya manusia ini diperlukan untuk menangani berbagai masalah yang terjadi pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan semua tenaga kerja yang menopang seluruh aktivitas dari organisasi, lembaga atau perusahaan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Nah, yang bertugas sebagai pengelola manajemen SDM ini adalah divisi HR. Mereka memiliki tanggung jawab untuk menyediakan pengetahuan tentang perusahaan, peralatan yang dibutuhkan, pelatihan, layanan administrasi, pembinaan, saran hukum, dan pengawasan. Semua ini dibutuhkan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, HR juga bertanggungjawab untuk mengembangkan perusahaan dengan mengalokasikan semua nilai dan budaya perusahaan, dan memastikan perusahaan mempunyai tim yang baik, solid dan memahami pemberdayaan karyawan.

Pengertian Manajemen SDM
Berikut pengertian manajemen SDM Menurut beberapa Ahli:
1.Melayu SP. Hasibuan
Manajemen SDM merupakan ilmu dan seni yang mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien dalam meraih tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

2.Henry Simamora
Manajemen SDM menurut Henry Simamora menjadi suatu pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan kepada individu anggota organisasi atau kelompok bekerja.

3.Achmad S. Rucky
Manajemen SDM merupakan penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengembangan dan pemeliharaan individu dalam sebuah organisasi secara efektif. Hal ini guna mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang lebih optimal oleh organisasi tersebut dalam mewujudkan tujuannya.

4.Mutiara S. Panggabaean
Manajemen SDM merupakan kegiatan dalam bidang sumber daya manusia yang dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sisi pekerjaan da sisi pekerjanya.
Dari sisi pekerjaan berupa analisis dan evaluasi pekerjaan. Sementara dari sisi pekerja, yaitu kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja, penilaian prestasi kerja, pelatihan dan pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.

5.Michel J. Jucius
Manajemen SDM merupakan lapangan manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian bermacam-macam fungsi pengadaan, pengembangan, pemeliharaan dan pemanfaatan tenaga kerja sedemikian rupa.
Hal ini agar tujuan perkumpulan dibangun dapat dicapai secara efisien dan efektif, tujuan semua pegawai dilayani dengan maksimal dan tujuan masyarakat diperhatikan dan dilayani dengan baik.

6.Gary Dessler
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan kebijakan dan praktik yang diperlukan seseorang untuk menjalankan aspek sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen, seperti perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan dan penilaian.

7.T. Hani Handoko
Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia yang dilakukan untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.

Berdasarkan pengertian manajemen SDM yang dikemukakan oleh para ahli tersebut, menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Karenanya, Manajemen Sumber Daya Manusia dapat diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Untuk mengetahui peran manajemen lebih jelas Anda bisa mengunjungi situs https://hrd.id

 

Butuh bantuan lebih? Silahkan hubungi kami melalui..