6 Tugas HRD Di Perusahaan Yang Anda Harus Tahu

6 Tugas HRD Di Perusahaan Yang Anda Harus Tahu

HRD.id - HRD atau Human Resource Departement adalah salah satu divisi dalam tubuh perusahaan dimana posisinya menentukan kualitas kemajuan dari perusahaan. Divisi ini mengelola semua hal yang berhubungan dengan tenaga kerja yang akan masuk, setelah masuk dan akan keluar.

Tugasnya seperti tak terlihat tapi sangat vital bagi penentu maju mundurnya perusahaan. Simak berbagai tugas HRD di perusahaan:
1.Merancang Rencana SDM
Sebuah perusahaan nantinya butuh banyak pendamping untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang hadir, misalnya bagian marketing yang mulanya hanya satu bagian bisa ditambah lagi dengan marketing online. Dengan adanya rencana semacam itu, pihak HRD wajib memberikan banyak ide ke perusahaan agar makin maju dan berkembang baik. Setelah SDM tersebut direncanakan dan disetujui maka tinggal menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

2.Melakukan Seleksi SDM
Harus bertanggungjawab dalam melakukan seleksi SDM yang akan bergabung ke perusahaan dimana setiap calon karyawan yang masuk apakah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Pentingnya mengenal karakter setiap SDM agar saat masuk bisa bekerja sama secara tim. Banyak perusahaan yang kacau ketika karyawannya tidak bisa bekerja tim dengan baik.
Efek yang akan muncul adalah keberlangsungan perusahaan kacau, HRD harus memecat salah satu jika ada SDM yang melakukan tindakan pelanggaran di perusahaan.

3.Mengelola Pelatihan, Pengembangan Keahlian SDM
Tugas HRD di perusahaan bertanggungjawab untuk memberikan penguatan kepada semua SDM yang telah masuk guna memperkuat pengembangan kehidupan sebuah perusahaan. Setiap SDM yang telah masuk wajib mendapatkan pelatihan dan digunakan. Contoh, HRD memberikan pelatihan manajemen marketing secara online dengan memaksimalkan medsos sebagai media promosi nan murah. Setiap sales wajib mengikuti agar bisa menambah jumlah klien.

4.Mengatur Kompensasi
Adalah sebuah keringanan kerja seperti jatah cuti, tunjangan, waktu toleransi masuk, toleransi izin saat bekerja dan sebagainya. Semua kompensasi tersebut tentunya diperhitungkan dengan banyak faktor dalam perusahaan seperti dana tunjangan, efektif tidaknya kompensasi, manfaat kompensasi terhadap semua kinerja di perusahaan.
Setiap kompensasi yang dibentuk tidak dibenarkan hanya menguntungkan salah satu pihak saja, karena dalam tubuh perusahaan SDM memiliki kontribusi dengan imbalan yang wajar.

5.Cek Data Administrasi SDM
Tugas dalam cek data administrasi tersebut meliputi absensi SDM, payroll, kontrak kerja SDM dan sebagainya. Walaupun sebenarnya telah menjadi tanggung jawab pihak personalia tapi dengan adanya cek data tersebut menjadikan data fisik terlihat. SDM juga merasa dianggap, tidak semena-mena bekerja dan juga mengawasi apa saja yang dilakukan SDM ke perusahaan.

6.Menyusun Bagan Performance Review SDM
HRD bertanggungjawab melakukan evaluasi SDM, biasanya 1 hingga 2 kali dalam setahun dimana tujuannya untuk memberikan apresiasi terhadap SDM yang berprestasi berupa bonus tahunan, gaji tambahan, kenaikan gaji dan atau tunjangan tempat tinggal selama bekerja. HRD juga dalam hal ini menjadi sebagian peran pendamping penting ketika terjadi krisis di perusahaan apakah SDM dikurangi atau tetap.

Pentingnya divisi HRD dalam sebuah perusahaan menentukan kemajuan perusahaan karena setiap pemilik perusahaan tidak mungkin menilik satu per satu karakter SDM yang masuk. Mereka butuh tim penilai karakter SDM sehingga saat SDM tersebut masuk bergabung adalah pilihan yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang ada. Saat masalah datang dan Anda sebagai HRD mampu menyelesaikannya maka operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Gunakan software HRD.ID sebagai tools untuk mengelola aktifitas HRD di perusahaan Anda sekarang juga, simak detailnya di https://hrd.id

 

Butuh bantuan lebih? Silahkan hubungi kami melalui..